Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Minggu, 06 Juni 2010

Tentang Teknologi Sepeda Listrik

Minggu, 06 Juni 2010
Secara teknis, sebenarnya mudah membuat sepeda listrik. Tinggal ambil motor DC, sambungkan aki, pasang potensiometer (kalau bisa yang optik), hubungkan motor dengan rantai (beli baru) ke roda gigi depan. Jalan deh.

Kalau anda pakai sepeda mountain bike, biasanya roda gigi depan ada dua. Pakai yang nggangur tak terpakai untuk dihubungkan ke motor. Oya jangan lupa beli dioda untuk menghambat listrik balik dari kayuhan sepeda kalau baterai habis. Kalau bisa dapet pcb charge aki, lebih baik.





Jadi, asyik juga kan. Berangkat kita kayuh sepeda sejauh mungkin, pulang kalau capek, hidupkan motor dan balik pulang. Kalau baterai habis tapi belum sampai rumah gimana ? Gampang. Mampir warung, minum es. Kayuh lagi.

Secara bisnis, adalah lebih baik mengubah sepeda biasa menjadi sepeda listrik. Seolah berkata, “Mari kita tingkatkan kualitas berkendaraan kita!”. Mengubah sepeda motor bensin menjadi sepeda listrik lebih sulit, karena seolah berkata, “Mari kita turunkan derajad berkendaraan kita”. Dari cepat menjadi lambat, dari reliable menjadi uncertain and risky …

Mari kita sebarkan virus sepeda listrik, mungkin ada dari anda yang ingin membuat kit sepeda listrik ?

Secara praktik nyatanya, kalo sekiranya kurang jelas, gabung yuk disini

Yg udah mewujudkan (beli yg siap pakai sekitar $300) : asbun

Yg bikin perbandingan keekonomian (di commentnya) : mulyanto

Yg lumayan banyak idenya (ada ide mengganti aki pake UPS) : mulyanto2

Yg punya pengalaman beli motor listrik : trekko

Yg pengen bikin tapi belum kesampaian : writer-tech19 hihihi

Yg pake belt lengkap dengan spek.

0 komentar:

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45

Posting Komentar